Jumat, 05 Oktober 2012

BAHASA INDONESIA SEBAGAI JATI DIRI



            Bahasa merupakan cara setiap mahluk untuk memberikan maksud yang dia ingin sampaikan dengan kebenaran. Melalui cara ini setiap mahluk akan saling mengerti dan memahami satu sama lainnya. Berbahasa merupakan hal yang sudah dilakukan sejak setiap mahluk tersebut dapat memahami dan mengerti. Bahasa yang paling primitif di dunia adalah isarat, melalui isarat kita dapat mengerti apa yang dimaksudkan oleh penyampai meskipun dari golongan yang berbeda. Namun setelah melalui banyak perkembangan, kini setiap mahluk memiliki bahasa yang lebih akurat dan sangat mudah untuk dimengerti.
            Dalam hal ini manusia yang menjadi mahluk terpandai di muka bumi mulai mengenal maksud dengan mengucapkan / menuliskannya. Bahasa yang dibentuk dari suara yang dihasilkan di beri tanda berupa simbol atau bentuk yang kini kita mengenalnya dengan sebutan huruf. Penyatuan bunyi dan suara dari setiap orang kini dapat disampaikan dengan gabungan huruf yang membentuk susunan yang dapat dipahami. Dengan menyebarnya kehidupan manusia, perkembangan bahasa semakin beragam mengikuti cara yang menurut mereka menunjukan pribadi mereka dengan jelas.
            Pergeseran bahasa memiliki tujuan yang beragam mulai dari kemudahan hingga kenyamanan dalam penyampaian bahasa. Itulah mengapa perbedaan bahasa yang signifikan kadang terjadi diantara manusia sebangsa. Karena sifat manusia yang selalu ingin berkembang, keluarlah orang orang yang berusaha menyempurnakan bahasa agar mudah di mengerti dan di pahami. Lalu bahasa tersebut di sebarkan agar setiap manusia dapat memahami dan memperluas hubungannya dengan bangsa yang lain.
            Seperti yang kita ketahui bahwa indonesia merupakan negara kesatuan yang dibentuk saat memperoleh kemerdekaan. Pada dasarnya bahasa indonesia itu merupakan bahasa melayu, karena sejak jaman kerajaan, bahasa melayu menjadi penghubung antar suku yang berada di nusantara ataupun luar nusantara dalam proses perdagangan. Seiring perkembangan bahasa melayu semakin meluas dikenal karena kemudahannya bagi masyarakat untuk dipelajari. Karena kebiasaan tersebut rasa persaudaraan dan persatuan di nusantara mulai tumbuh. Hingga para pemuda mengangkat bahasa melayu sebagai bahasa persatuan di seluruh bangsa indonesia pada sumpah pemuda. Yang semakin diperkuat saat disahkan sebagai undang undang dasar. Perkembangan bahasa indonesia telah disempurnakan dan dibakukan sejak awal abad 20. Hingga kini bahasa indonesia merupakan bahasa yang hidup dan menjadi jati diri bagi seluruh bangsa di indonesia.
            Kini bahasa indonesia menjadi ciri penting dari setiap bangsa indonesia. Bahkan bahasa indonesia adalah bahasa yang wajib dikenal oleh setiap manusia yang tinggal di negara indonesia. Pelajaran bahasa indonesia kini sudah diperkenalkan sejak pendidikan dasar. Bahkan sudah menjadi bahasa ibu, bagi sebagian warga negara indonesia. Sehingga semakin kuat jatidiri mereka sebagai orang indonesia. Meskipun banyak serapan yang merusak bahasa yang baik dalam bahasa indonesia diharapkan dapat diatasi dengan cara mengenalkan dan mengajarkan bahasa yang baik dan benar kepada setiap masyarakat terutama para pelajar. Untuk mempertahankan identitas bangsa ini sebagai bangsa yang terhormat.
            Kurangnya respon dari masyarakat tentang pentingnya mengenalkan bahasa indonesia yang baik dapat mengurangi kehormatan terhadap bahasa itu sendiri. Pemberian penghargaan bagi pengajar yang memberikan pengajaran dengan bahasa yang baik merupakan ide yang bagus untuk mengembangkan minat mereka. Munculnya kata kata baru memang patut di awasi dan di cermati betul agar tidak terjadi kesalahpahaman maksud. Seperti tujuan bahasa tersebut yang merupakan penghubung. Diharapkan perkembangan teknologi dan komunikasi lebih menggunakan bahasa yang baik dan benar agar masyarakat sadar betul arti dari bahasa itu sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jangan Cuma Baca, Komentar dong...