Rabu, 14 Maret 2012

Sistem Ekonomi & Permintaan / Penawaran

Sistem Ekonomi.
Sistem
ekonomi dari sumber wikipedia adalah kombinasi dari, berbagai pihak terkait (atau bahkan sektor seperti yang dijelaskan oleh beberapa penulis) yang menyediakan struktur ekonomi yang mendefinisikan komunitas sosial. Badan-badan ini bergabung dengan jalur perdagangan dan pertukaran sepanjang yang barang, uang dll terus mengalir. Contoh seperti sistem untuk perekonomian tertutup ditunjukkan dalam diagram aliran-. Sistem ekonomi melibatkan produksi, alokasi input ekonomi, distribusi output ekonomi, Tuan tanah dan ketersediaan lahan, rumah tangga (pendapatan dan pengeluaran konsumsi barang dan jasa dalam suatu perekonomian), Kapitalis, Bank (lembaga keuangan) dan Pemerintah. Ini adalah seperangkat institusi dan hubungan berbagai sosial.

Atau, itu adalah seperangkat prinsip dimana masalah ekonomi dibahas, seperti masalah ekonomi kelangkaan melalui alokasi sumber daya produktif yang terbatas. Sebuah sistem ekonomi terdiri dari manusia, lembaga, aturan, dan hubungan. Sebagai contoh: konvensi properti, lembaga pemerintah, atau hubungan karyawan-majikan. Contoh sistem ekonomi kontemporer mencakup sistem kapitalis, sistem sosialis, dan ekonomi campuran. Saat ini dunia sebagian besar beroperasi di bawah sistem ekonomi global berdasarkan cara produksi kapitalis.

Ada beberapa pertanyaan dasar yang harus dijawab agar ekonomi berjalan dengan memuaskan. Masalah yang langka, misalnya, membutuhkan jawaban atas pertanyaan dasar, seperti: apa yang akan diproduksi, bagaimana memproduksinya, dan siapa yang mendapatkan apa yang diproduksi. Sistem ekonomi adalah cara untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan dasar, dan sistem ekonomi yang berbeda menjawab mereka berbeda. Banyak tujuan yang berbeda dapat dilihat sebagai diinginkan untuk ekonomi, seperti efisiensi, pertumbuhan, kebebasan, dan kesetaraan.

Sistem ekonomi dapat dibagi dengan cara mereka mengalokasikan input ekonomi (sarana produksi) dan bagaimana mereka membuat keputusan mengenai penggunaan input. Perbedaan umum yang sangat penting adalah bahwa antara kapitalisme (ekonomi pasar) dan sosialisme (perencanaan ekonomi).
Dalam sistem ekonomi kapitalis, produksi dilakukan untuk memaksimalkan keuntungan pribadi, keputusan mengenai investasi dan penggunaan sarana produksi ditentukan oleh pemilik bisnis yang bersaing di pasar, produksi terjadi dalam proses akumulasi modal. Alat-alat produksi dimiliki terutama oleh perusahaan swasta dan keputusan mengenai produksi dan investasi ditentukan oleh pemilik swasta di pasar modal. Kapitalis sistem berkisar dari lassiez-faire, peraturan pemerintah minimal dan perusahaan negara, dengan sistem pasar yang diatur dan sosial, dengan tujuan menyatakan menjamin keadilan sosial dan distribusi yang lebih adil kekayaan (lihat negara kesejahteraan) atau kegagalan pasar ameliorating (lihat ekonomi intervensi).
Dalam sistem ekonomi sosialis, produksi dilakukan untuk langsung memenuhi permintaan ekonomi dengan memproduksi barang dan jasa untuk digunakan, keputusan mengenai penggunaan alat-alat produksi disesuaikan untuk memenuhi permintaan ekonomi, investasi (kontrol atas nilai lebih) dilakukan melalui mekanisme inklusif pengambilan keputusan kolektif. Alat-alat produksi yang baik milik publik, atau dimiliki oleh pekerja kooperatif. Sebuah sistem ekonomi sosialis yang didasarkan pada proses akumulasi modal, tetapi berusaha untuk mengontrol atau mengarahkan proses yang melalui kepemilikan negara atau kontrol koperasi untuk memastikan stabilitas, kesetaraan atau memperluas pengambilan keputusan kekuasaan, adalah sistem pasar sosialis.
Sistem ekonomi dasar dan umum adalah:
  • Ekonomi pasar ("lepas tangan" sistem, seperti Laissez-faire)
  • Campuran ekonomi (hibrida yang memadukan beberapa aspek pasar baik dan ekonomi yang direncanakan)
  • Rencana ekonomi ("tangan di atas" sistem, seperti sosialisme negara)
  • Tradisional ekonomi (istilah generik untuk sistem ekonomi yang lebih tua)
  • Partisipatif ekonomi (sistem dimana produksi dan distribusi barang dipandu oleh partisipasi publik)
  • Hadiah ekonomi (dimana pertukaran dibuat tanpa ada perjanjian eksplisit untuk hadiah langsung atau masa depan)
  • Barter ekonomi (di mana barang dan jasa secara langsung ditukar dengan barang lain atau jasa)
Sistem ekonomi dapat dianggap sebagai bagian dari sistem sosial dan hirarki yang sama dengan sistem hukum, sistem politik, budaya, dll Sering kali ada korelasi kuat antara ideologi tertentu, sistem politik dan sistem ekonomi tertentu (misalnya, mempertimbangkan arti dari istilah "komunisme"). Banyak sistem ekonomi saling tumpang tindih di berbagai daerah (misalnya, istilah "ekonomi campuran" bisa dikatakan untuk memasukkan unsur-unsur dari berbagai sistem). Ada juga berbagai kategorisasi hirarkis saling eksklusif.

Penerimaan dan Penawaran

Penawaran dan permintaan menurut wikipedia adalah sebuah model ekonomi penentuan harga di pasar. Ini menyimpulkan bahwa dalam pasar yang kompetitif, harga unit untuk barang tertentu akan bervariasi sampai mengendap pada suatu titik di mana kuantitas yang diminta oleh konsumen akan sama dengan kuantitas yang ditawarkan oleh produsen, yang mengakibatkan ekonomi keseimbangan harga dan kuantitas.

Empat hukum dasar penawaran dan permintaan adalah: 
  • Jika permintaan meningkat dan penawaran tetap tidak berubah, maka menyebabkan harga keseimbangan yang lebih tinggi dan kuantitas yang lebih tinggi. 
  • Jika permintaan menurun dan penawaran tetap tidak berubah, maka itu mengarah pada harga ekuilibrium yang lebih rendah dan kuantitas rendah. 
  • Jika pasokan meningkat dan permintaan tetap tidak berubah, maka itu mengarah pada harga ekuilibrium yang lebih rendah dan kuantitas yang lebih tinggi.
  • Jika pasokan berkurang dan permintaan tetap tidak berubah, maka menyebabkan harga keseimbangan yang lebih tinggi dan kuantitas rendah.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Jangan Cuma Baca, Komentar dong...