Selasa, 25 Maret 2014

Threat dan Cyber Crime pada Bidang IT

Berikut ini beberapa ancaman-ancaman yang sering muncul pada bidang IT :
  1. Social Enginnering, dapat diartikan sebagai ancaman yang dibuat oleh manusia itu sendiri, informasi ini bisa bocor oleh si pembuat, pengolah data, ataupun pengunjung. Oleh karena itu kita harus hati-hati kepada setiap orang yang mengakses infomasi.
  2. Spyware and Trojan horse adalah program  yang biasanya diselipkan oleh seseorang melalui website ataupun email yang bertujuan untuk merusak, menyalin atau mengintip aktifitas komputer seseorang. Oleh karena itu dibutuhkan firewall yang ampuh untuk mendeteksi kelakukan seseorang yang tidak diinginkan.
  3. Virus dan Worm,  sifat utama  dari virus dan worm adalah merusak semua aktifitas yang ada dikomputer tujuan utama adalah merusak sistem komputer. oleh karena itu banyak anti virus bermunculan belakangan ini.
  4. Hacker Attack,  ini yang sangat perlu diwaspadai karena aktifitas kita dapat secara langsung diintip atau dilacak oleh seseorang yang tidak berwenang atau dalam kata lain iseng ingin tau apa yang sedang kita lakukan.
  5. Pishing email dan Spam email, pishing email adalah sebuah website yang akan mencuri id dan password dari account kita pada sustu situs/bank oleh karena itu kita tidak boleh asal dalam melakukan login. Untuk Spam email adalah junk email maksudnya seseorang mengirimkan pesan serentak kepada banyak orang sekaligus, hati-hati jika embuka pesan tersebut karena bisa saja berisi virus/worm.

Beberapa contoh kasus Cyber Crime antara lain :

1. Cyberpiracy

Penggunaan teknologi komputer untuk :
  • mencetak ulang software atau informasi
  • mendistribusikan informasi atau software tersebut melalui jaringan computer
2. Cybertrespass
Penggunaan teknologi komputer untuk meningkatkan akses pada:
  • Sistem komputer sebuah organisasi atau individu
  • Web site yang di-protect dengan password
3. Cybervandalism
Penggunaan teknologi komputer untuk membuat program yang :
  • Mengganggu proses transmisi informasi elektronik
  • Menghancurkan data di computer

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jangan Cuma Baca, Komentar dong...